Pendapat
|
Ilmu Agama Islam
|
Pendidik / Guru
|
Peserta Didik / Murid
|
Pendidikan Islam
|
Hadiah dan Hukuman
|
Ibnu Khaldun
|
Pendidikan islam
berpijak pada konsep dan pendekatan filosopis- empiris, melalui pendekatan
ini memberikan arah terhadap visi tujuan pendidikan islam secara ideal dan
praktis.
|
Pendidik
hendaklah diajarkan kepada murid pengetahuan yang bersifat umum dan sederhana
khusus berkenaan dengan pokok bahasan yang dipelajari.
|
Peserta didik
merupakan orang yang belum dewasa dan memiliki potensi. Peserta didik ibarat
wadah yang siap untuk di beri pengetahuan yang baru.
|
Proses memberi
peluang kepada peserta didik untuk mampu
berpikir untuk berbuat dengan
benar agar dapat hidup berkualitas sesuai dengan ajaran islam.
|
Memberikan
hukuman kepada peserta didik dengan lemah lembut, menjaga tabiat anak yang
salah. Hadiah adalah penghargaan.
|
Imam Ghazali
|
Berkenaan dengan
ilmu pengetahuan dengan berbagai aspeknya, antara lain tujuan pendidikan,
kurikulum, metode, pendidik, dan murid.
|
Guru dalam
pengertian akademik ialah seseorang yang menyampaikan sesuatu kepada orang
lain atau seseorang yang menyertai sesuatu institusi untuk menyampaikan ilmu
pengetahuan kepada pelajarnya.
|
Murid harus
berjiwa bersih terhindar dari
sifat-sifat hina dan sifat tercela lainnya. Agama itu didirikan diatas
kebersihan.
|
Proses
memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnya melalui
berbagai ilmu pengetahuan yang
disampaikan dalam bentuk pengajaran islam.
|
Hadiah adlah
salah satu imbalan pada peserta didik karena telah melakukan tugasnya dengan
baik, yang dapat brupa lisan misalnya ucapan yang baik, pintar. Hukuman
adalah tindakan yang dilakukan apabila teguran, nasehat-nasehat belum bisa
mencegah anak tersebut.
|
Fazlurrahman
|
Ilmu agama islam
dapat memberikan suatu pendekatan pendidikan yang berdasarkan ilmu islam.
|
Untuk
mengembangkan manusia sedemikian rupa sehingga pengetahuan yang diperolehnya
agar menjadi pribadi yang kritis dan kreatif.
|
Pengetahuan
peserta didik yang sudah didapatkan akan menyebabkan pola pikir mereka
semakin bertambah.
|
Proses untuk
menghasilkan manusia integratif yang padanya terkumpul sifat-sifat seperti
kritis, kreatif, dinamis, dan lain-lain.
|
Hadiah ialah
penghormatan kepada siswa untuk memberikan motivasi yang berorientasi pada
kehidupan akhirat yang bersumber pada alquran.
|
Muhammad Iqbal
|
Kaum muslimin
terpukau oleh pemahaman keagamaan yang sempit, seakan-akan mengkaji alam
semesta dan sejarah bukan merupakan perbuatan agama.
|
Membangkitkan
kesadaran yang sungguh pada anak didiknya berkenaan dengan keanekaragaman
relasi dengan lingkungannya dan dengan jalan demikian merangsang pembentukan
sarana baru
|
Peserta didik
hendaknya tidak pula menciptakan suatu
antitesis yang langsung antara sistem nilai yang diwakili ilmu pengetahuan
dengan sistem nilai yang diwakili agama.
|
Suatu keseluruhan
daya budaya yang mempengaruhi kehidupan perorangan maupun kelompok
masyarakat.
|
Hukuman
didasarkan pada kebiasaan peserta didik sesuai keadaan tempat peserta didik.
|
Rabu, 11 Juni 2014
komparasi 4 para ahli
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar