Rabu, 11 Juni 2014

komparasi 4 para ahli


Pendapat
Ilmu Agama Islam
Pendidik / Guru
Peserta Didik / Murid
Pendidikan Islam
Hadiah dan Hukuman
Ibnu Khaldun
Pendidikan islam berpijak pada konsep dan pendekatan filosopis- empiris, melalui pendekatan ini memberikan arah terhadap visi tujuan pendidikan islam secara ideal dan praktis.
Pendidik hendaklah diajarkan kepada murid pengetahuan yang bersifat umum dan sederhana khusus berkenaan dengan pokok bahasan yang dipelajari.
Peserta didik merupakan orang yang belum dewasa dan memiliki potensi. Peserta didik ibarat wadah yang siap untuk di beri pengetahuan yang baru.
Proses memberi peluang kepada peserta didik untuk mampu  berpikir untuk berbuat  dengan benar agar dapat hidup berkualitas  sesuai dengan ajaran islam.
Memberikan hukuman kepada peserta didik dengan lemah lembut, menjaga tabiat anak yang salah. Hadiah adalah penghargaan.
Imam Ghazali
Berkenaan dengan ilmu pengetahuan dengan berbagai aspeknya, antara lain tujuan pendidikan, kurikulum, metode, pendidik, dan murid.
Guru dalam pengertian akademik ialah seseorang yang menyampaikan sesuatu kepada orang lain atau seseorang yang menyertai sesuatu institusi untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada pelajarnya.
Murid harus berjiwa bersih  terhindar dari sifat-sifat hina dan sifat tercela lainnya. Agama itu didirikan diatas kebersihan.
Proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnya melalui berbagai ilmu pengetahuan  yang disampaikan dalam bentuk pengajaran islam.
Hadiah adlah salah satu imbalan pada peserta didik karena telah melakukan tugasnya dengan baik, yang dapat brupa lisan misalnya ucapan yang baik, pintar. Hukuman adalah tindakan yang dilakukan apabila teguran, nasehat-nasehat belum bisa mencegah anak tersebut.
Fazlurrahman
Ilmu agama islam dapat memberikan suatu pendekatan pendidikan yang berdasarkan ilmu islam.
Untuk mengembangkan manusia sedemikian rupa sehingga pengetahuan yang diperolehnya agar menjadi pribadi yang kritis dan kreatif.
Pengetahuan peserta didik yang sudah didapatkan akan menyebabkan pola pikir mereka semakin bertambah.
Proses untuk menghasilkan manusia integratif yang padanya terkumpul sifat-sifat seperti kritis, kreatif, dinamis, dan lain-lain.
Hadiah ialah penghormatan kepada siswa untuk memberikan motivasi yang berorientasi pada kehidupan akhirat yang bersumber pada alquran.
Muhammad Iqbal
Kaum muslimin terpukau oleh pemahaman keagamaan yang sempit, seakan-akan mengkaji alam semesta dan sejarah bukan merupakan perbuatan agama.
Membangkitkan kesadaran yang sungguh pada anak didiknya berkenaan dengan keanekaragaman relasi dengan lingkungannya dan dengan jalan demikian merangsang pembentukan sarana baru
Peserta didik hendaknya tidak pula  menciptakan suatu antitesis yang langsung antara sistem nilai yang diwakili ilmu pengetahuan dengan sistem nilai yang diwakili agama.
Suatu keseluruhan daya budaya yang mempengaruhi kehidupan perorangan maupun kelompok masyarakat.
Hukuman didasarkan pada kebiasaan peserta didik sesuai keadaan tempat peserta didik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar