Tugas
MAKALAH AKHIR
Oleh
Rahmanto Tunggali
PAI IV A
12.101.137
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
INTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SULTAN
AMAI GORONTALO
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya, sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah ini
yang alhamdulillah tepat pada waktunya yakni makalah akhir dalam mata kuliah Filsafat
Pendidikan Islam.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.
Penyusun
Rahmanto
Tunggali
PAI IV A
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Antropologi adalah suatu
ilmu yang memahami sifat-sifat semua jenis manusia secara lebih banyak.
Antropologi yang dahulu dibutuhkan oleh kaum misionaris untuk penyebaran agama
Nasrani dan bersamaan dengan itu berlangsung sistem penjajahan atas
Negara-negara diluar Eropa, dewasa ini dibutuhkan bagi kepentingan kemanusiaan
yang lebih luas. Studi antropologi selain untuk kepentingan pengembangan ilmu
itu sendiri, di Negara-negara yang telah membangun sangat diperlukan bagi
pembuatan-pembuatan kebijakan dalam rangka pembangunan dan pengembangan
masyarakat.
Sebagai suatu
displin ilmu yang amat luas cakupannya, maka tidak ada seorang ahli antropologi
yang mampu menelaah dan menguasai antropologi secara sempurna. Demikianlah maka
antropologi dipecah-pecah menjadi beberapa bagian dan para ahli antropologi
masing-masing mengkhususkan diri pada spesialisasi sesuai dengan minat dan
kemampuannya untuk mendalami studi secara mendalam pada bagian-bagian tertentu
dalam antropologi. Dengan demikian, spesialisasi studi antropologi menjadi
banyak, sesuai dengan perkembangan ahli-ahli antropologi dalam mengarahkan
studinya untuk lebih memahami sifat-sifat dan hajat manusia secara lebih
banyak. dalam hubungan ini ada antropologi ekonomi, antropologi politik, antropologi
kebudayaan, antropologi agama, antropologi pendidikan, antropologi perkotaan,
dan lain sebagainya.
Antropolgi
secara garis besar dipecah menjadi dua bagian, yaitu antropologi fisik/biologi
dan antropolgi budaya. Tetapi dalam pecahan antropologi budaya, terpecah-pecah
lagi menjadi banyak sehingga spesialisasi-spesialisasi, termasuk antropologi
pendidikan. Seperti halnya kajian antropologi pada umumnya antropologi
pendidikan berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan
perilakunya dalam rangka memperoleh pengertian yang lengkap tentang manusia dan
perilakunya dalam rangka memperoleh pengertian lengkap tentang keanekaragaman
manusia khususnya dalam dunia pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan saya bahas dalam makalah akhir ini adalah :
a.
Bagaimana
mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam Antropologi Pendidikan, baik itu
kekerabatan, tantangan, dan lain-lain.
BAB II
PEMBAHASAN
PENELITIAN
1.
Kepribadian Teman Kozt
Dalam penelitian ini saya mengambil dua orang teman saya, yang bernama
iskuswanto tunggali dan denris dunggio. Adapun hasil penelitian adalah sebagai
berikut :
1.
Denris
Ia biasanya tidur
pada jam 00.00, kemudian ia bangun pada jam 04.00, pada jam 05.00 ia sholat
subuh di kamarnya, pada jam 07.00 ia mandi dan ganti pakaian, pada saat jam
07.30 ia berangkat ke kampus bersama temannya. Ia pulang dari kampus pada jam
19.00, itu sudah menjadi kebiasaannya, akan tetapi ketika berada dikampus ia
menyempatkan sholat lohor, ashar, magrib dan isya, biasanya juga ia
melaksanakan sholat isya di kozt. Pada pukul 21.00 ia belajar dan mengerjakan
tugas, dan ia kembali tidur pada jam 00.00, begitu seterusnya.
2.
Iskuswanto
Ia biasanya tidur
lebih awal dari denris sekitar pukul 22.00, akan tetapi ia bangun pada jam
06.30, dan mandi pada jam 07.00 sampai-sampai denris sudah siap-siap berangkat,
ia malah sementara mandi, terpaksa denris harus menunggu, ia berangkat kekampus
bersamaan dengan denris pada jam 07.30, ia pulang bersamaan juga dengan denris
pada jam 19.00, dan ia masih sempat melaksanakan sholat lohor, ashar, magrib,
dan isya. Pada jam 20.00 ia belajar, dan kembali tidur pada jam 22.00, begitu
seterusnya.
Jadi kesimpulannya
:Antara keduanya memiliki kesamaan perilaku yang sama.
Kebiasaan ini berlangsung secara terus
menerus . kebiasaan ini akan berubah jika keduanya akan merubahnya.
2. Keluarga
Tunggali
Saya adalah anak dari bapak ramli
tunggali dan ibu hamsiatin nalea S. Pd.I. saya adalah anak pertama, selanjutnya
penjelasan tentang keluarga Tunggali terdapat sebagai berikut :
Keterangan :
Keluarga Saya :
kakek saya bernama latif tunggali, menikah dengan rapia djafar. Kemudian
menghasilkan lima orang anak yakni muhamad, ramli, ahmad, tahir, dan wahab.
Muhamad menikah dengan aty di makassar dan menghasilkan 4 orang anak yang
bernama nining, ina, zul, dan alwi. Ramli menikah dengan hamsiatin dan
menghasilkan dua orang anak yang bernama rahmat dan rizki. Ahmad menikah dengan
hasna dan menghasilkan 3 orang anak yang bernama Is, tia, dan mei. Tahir
menikah dengan yuni dan menghasilkan 1 orang anak yang bernama tety. Dan wahab
menikah dengan indah dan menghasilkan 2 orang anak yang bernama mamat dan
wiwin.
Itulah keluarga
saya (Tunggali), terima kasih.
Lampiran Foto keluarga
Gambar :
inilah keluarga saya, yang sangat sederhana tapi sangat bahagia dengan memiliki
mama dan papa yang sangat memahami saya dan adik saya.
3.
Musim di Gorontalo
Keterangan : Musim di gorontalo
Musim kawin terjadi
sekitar bulan mei dan september, dan musim lahir terjadi pada februari dan
juni, apabila kawin pada bulan mei dan september. Musim hujan sering terjadi
pada bulan mei dan juni. Musim panas terjadi pada bulan maret dan september. Di
gorontalo juga terdapat musim Nike, yakni sekitar bulan januari dan desember.
Musim langsat terjadi pada bulan maret. Musim durian terjadi pada bulan maret
dan mei. Musim piala dunia terjadi pada bulan juni sampai juli. Dan musim
kematian kita, terjadi pada bulan apa saja, dalam 12 bulan yang ada pasti akan
ada suatu kematian.
Berbagai macam
gambar musim-musim yang terjadi dapat kita lihat pada gambar dibawah ini :
a.
Musim Hujan
Musim hujan sering
mengakibatkan banyak kota-kota yang kebanjiran, itu diakibatkan karena banyak orang-orang
yang seenaknya saja membuang sampah. Hal ini sering terjadi di gorontalo, salah
satu contohnya adalah di kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo.
b.
Musim Panas
Musim panas ini
mengakibatkan banyak para petani merasa rugi. Karena hasil pertaniannya tidak
melimpah.
c.
Musim Mangga
Musim mangga ini
sangat bermanfaat bagi para petani mangga, mereka akan mendapatkan penghasilan
yang banyak. Krena pada hakikatnya masyarakat gorontalo sangat menyukai mangga.
Karena mangga mengandung vitamin C yang sangat banyak.
d.
Musim Langsat
Di gorontalo sangat
banyak dijumpai pohon langsat, khususnya yang berada di suwawa, tempat saat ini
saya tinggali. Buah langsat sangat mendatangkan keuntungan yang sangat besar,
karena daya jualnya sangat tinggi.
e.
Musim Kawin
Perkawinan adalah impian
bagi semua orang, karena dengan kita kawin maka kita sudah termasuk umatnya
nabi muhammad saw. Dan kita disunahkan untuk melakukan perkawinan agar bisa
mendapatkan keturunan.
f.
Musim Kematian
Kematian sering
menjumpai manusia dengan cara yang sangat berbeda-beda, salah satu contohnya
adalah yang terlihat pada gambar di atas. Terjadi sebuah kecelakaan yang
mengakibatkan seseorang mengalami kematian.
4. Peta
Dari Kozt ke Kampus
Temuan
|
-
Poltekkes Gorontalo
-
Jembatan moodu
-
Gorengan
-
Sumur
|
Problematika
|
-
Jalan di depan poltekkes sangat macet
di pagi hari, karena banyak yang lewat disitu.
-
Banyak rumput-rumput yang berserakan
di sekitar jembatan dan sungainya tidak terawat dengan baik
-
Tidak buka pada pagi hari, padahal
lebih enaknya makan gorengan itu dipagi hari.
-
Tidak terawat dengan baik, berada di
dekat jalan, yang di lalui oleh banyak orang.
|
Perubahan
|
-
terlambat datang
dikampus.
-
Tidak ada kesadaran dari masyarakat, untuk membersihkannya.
-
Gorengan dapat menimbulkan lemak yang banyak,
sehingga dapat membuat kita menjadi gendut.
-
Orang yang menggunakan sumur tersebut sudah berkurang.
|
5.
Peta IAIN Sultan Amai Gorontalo
IAIN Gorontalo adalah kampus yang
berlandaskan islam. Saat ini IAIN gorontalo sedang pada masa pembangunan sarana
prasarana dan penerimaan mahasiswa baru tahun
akademik 2014/2015. Pembangunan semakin dikembangkan , akan tetapi ada
sebuah bangunan yang sampai saat ini tidak selesai-selesai. Hal ini disebabkan
karena kurangnya dana yang dimiliki oleh IAIN Gorontalo.
IAIN Gorontalo memilki tiga fakultas,
yakni:
1. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang
terdiri dari beberapa jurusan, yakni :
a.
Pendidikan Agama Islam (PAI)
b.
Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
c.
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
d.Pendidikan
Bahasa Arab (PBA)
e.
Tadris Bahasa Inggris (TBI)
2. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, yang terdiri
dari beberapa jurusan, yakni:
a.
Politik Islam (PI)
b.
Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
c.
Akidah Filsafat (AF)
3. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, yang
terdiri dari beberapa jurusan, yakni :
a.
Akhwalus Syaksiyah (AS)
b.
Ekonomi Islam (EI)
c.
Perbankan Syariah (PS)
Dari ketiga fakultas ini, terciptalah
suatu kerja sama untuk memajukan IAIN Gorontalo. Saat ini sementara dirintis
untuk menjadi UIN Gorontalo. Insya Allah Aminnnnn.
Lampiran Gambar Gedung-gedung IAIN Sultan Amai
Gorontalo
Gambar 1
: gedung rektorat yang sampai sekarang tidak ada perbaikan dari pihak kampus.
Hal ini yang menimbulkan minat mahasiswa untuk turun demonstrasi, mengeluarkan
aspirasi mereka demi terselesainya gedung ini, akan tetapi itu tidak sesuai
harapan. Alhamdulilah di tahun ini, sudah mulai ada perbaikan sedikit demi sedikit.
Gambar 2
: Maskam yang seharusnya menjadi tempat untuk sholat berjamaah, saat ini hanya
ada beberapa orang saja yang mengisi maskam tersebut. Ini termasuk
menghilangkan citra kampus di mata masyarakat.
Gambar 3
: banyak saung-saung atau tempat nongkrong yang terdapat di setiap fakultas
yang mengakibatkan mahasiswa semakin lupa terhadap tugasnya untuk berserah diri
kepada allah pada waktu sholat. Karena adanya saung ini, banyak mahasiswa yang
semakin lalai dengan sholat.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Antropologi adalah suatu
ilmu yang memahami sifat-sifat semua jenis manusia secara lebih banyak.
Antropologi yang dahulu dibutuhkan oleh kaum misionaris untuk penyebaran agama
Nasrani dan bersamaan dengan itu berlangsung sistem penjajahan atas
Negara-negara diluar Eropa, dewasa ini dibutuhkan bagi kepentingan kemanusiaan
yang lebih luas. Studi antropologi selain untuk kepentingan pengembangan ilmu
itu sendiri, di Negara-negara yang telah membangun sangat diperlukan bagi
pembuatan-pembuatan kebijakan dalam rangka pembangunan dan pengembangan
masyarakat.
Selain itu saya dapat menyimpulkan bahwa semua yang berkaitan dengan
antropologi pendidikan itu sangat bermanfaat bagi kita semua. Jadi marilah kita
mengamalkan apa yang sudah dipaparkan dalam makalah ini. Semoga dengan adanya makalah ini, maka akan
bisa membawa kita pada kesuksesan di dunia dan akhirat.
B.
Saran
Apabila makalah ini masih
terdapat kekeliruan, saya mohon perbaikan dari bapak selaku dosen yang mengampu
mata kuliah ini.
upload gambar-gambarnya. tidak bisa langsung dikopas dari word. belum ada nilai kalo hasilnya seperti ini.
BalasHapussiap pak,,, saya sudah perbaharui kembali,, mhon maff atas kesalahannya pak,,,,silahkan dilihat kembali,,,,
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus